Kamis, 25 April 2013



SOFTSKILL
MEMANFAATKAN PELUANG USAHA

                                        


NAMA      : MARLIN ARI ASTUTI
NPM         : 14611316
KELAS      : 2SA01

UNIVERSITAS GUNADARMA
JL. AKSES KELAPA DUA CIMANGGIS, DEPOK 16951




KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan YME atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Memanfaatkan Peluang Usaha” ini dengan lancar. Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah Softskill Rooshwan Budhi Utomo
Makalah ini ditulis dari hasil penyusunan data-data sekunder yang penulis peroleh dari buku panduan yang berkaitan dengan Peluang Usaha, serta infomasi dari media massa yang berhubungan dengan Peluang Usaha, tak lupa penyusun ucapkan terima kasih kepada pengajar mata kuliah Softskill dan kepada teman-teman mahasiswa yang telah mendukung dalam penyusunan makalah ini.
Penulis berharap, dengan membaca makalah ini dapat memberi manfaat bagi kita semua, dalam hal ini dapat menambah wawasan kita mengenai Memanfaatkan Peluang Usaha. Memang makalah ini masih jauh dari sempurna, maka penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi perbaikan menuju arah yang lebih baik.



Depok,  April 2013

 Penulis


BAB I
PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG
Peluang usaha adalah kesempatan atau waktu yang tepat yang seharusnya di ambil atau dimanfaatkan bagi seseorang wirausahawan mendapat keuntungan. Namun sayangnya peluang itu sering kali kita abaikan karena kita serasa bingung untuk memanfaatkannya, serta harus dimulai dari mana padahal peluang itu hanya datang satu kali saja, bisa saja jika kita melewatkan peluang tersebut yang menurut kita itu peluang usaha yang nice atau bagus lantas keburu diambil oleh orang lain.
Memang tidak lah mudah bagi seseorang untuk bisa memanfaatkan peluang usaha dengan cara memanfaatkannya atau mempraktekannya dalam dunia wirausaha yang sesungguhnya. Ini akan terasa berat karena selain membutuhkan ketekunan, tenaga juga modal yang jumlahnya relatif.
Untuk itu dalam makalah ini saya akan membahas mengenai beberapa cara memanfaatkan peluang usaha dan juga mengetahui bagaimana memanfaatkan peluang usaha terutama dalam bidang Kuliner.

B.   TOPIK PEMBAHASAN
1.     Pengertian Peluang Usaha
2.     Cara Memanfaatkan Peluang Usaha
3.     Memanfaatkan Peluang Usaha dalam bidang Kuliner

C.   MAKSUD DAN TUJUAN
Untuk mengetahui hal-hal mengenai Memanfaatkan Peluang Usaha dan untuk memenuhi tugas mata kuliah softskill Kewirausahaan.

BAB II
ISI
1.     Pengertian Peluang Usaha
Peluang usaha adalah kesempatan atau waktu yang tepat yang seharusnya di ambil atau dimanfaatkan bagi seseorang wirausahawan mendapat keuntungan. banyak peluang yang di siasiakan, sehingga berlalu begitu saja karena tidak semua orang dapat melihat peluang dan yang melihatpun belum tentu berani memanfaatkan peluang tersebut. hanya seorang wirausahawan yang dapat berpikir kriatif serta berani mengambil risiko itulah yang dengan tanggap dan cepat memanfaatkan peluang. Peluang usaha yang telah di ambil tentu akan memiliki konsekuensi bagi pengambil keputusan. jika berhasil dapat dikatakan mendapat keuntungan, namun jika gagal maka itu bagian dari resiko yang harus di hadapi. Namun demikian, hal itu dapat dijadikan pengalaman yang sangat berharga. Kegagalan bagi seseorang wirausahawan harus di sikapi dengan landasan filsafat berikut.
1)      Kegagalan adalah furu yang paling baik.
2)      Gagal adalah kunci sukses.
3)      Gagal adalah langkah pertama dari keberhasilan.
4)      Gagal adalah keberhasilan yang tertunda.
Peluang usaha yang beru biasa didapat dan dipilih sangat bergantung pada beberapa hal, antara lain :
1)      minat seseorang, misalnya dalam bidang industri kerajinan dan perdagangan atau jasa.
2)      modal, apakah sudah tersediah modal awal atau belum, dan
3)      relasi, apakah ada keluarga teman yang sudah menekuni usaha yang sama atau usaha yang akan di kerjakan. ada relavansi atau saling menunjang dengan usaha tersebut.
Dalam dunia usaha setiap orang (pengusaha) atau orang yang hendak berkecimpung di dunia ini sudah semestinya mengerti dan memperhatikan peluang usaha yang di sekitar mereka atau kita.


2.     Cara Memanfaatkan Peluang Usaha

1)      Melakukan Riset Pasar : Ya, kita perlu akan data2 mengenai pasar produk yang akan menjadi unggulan. agar produk kita bisa diterima oleh orang lain, selain itu perlunya data2 mengenai tingkat persaingan pasar, kompetisi harga, karakteristik konsumen dll, hal ini agar kita bisa memprediksikan  mengenai usaha kita apakah akan mampu bertahan atau tidak.

2)      Mempersiapkan dan menyusun rencana  (market plan), mencakup target pasar produk, target pendapatan perbulan, biaya operasional dll.

3)      Patuh terhadap aturan, dengan kata lain tidak melanggar aturan dari pemerintah setempat,atau melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat, misalnya membuaka usaha minuman keras dll.

4)      Strategi Pemasaran yang tepat sasaran.

5)      Jika ke empat poin dasar diatas sudah kita lakukan, maka hal yang paling penting adalah mempraktekannya. Anda harus berani memulai wirausaha atas ide-ide anda  sehingga anda akan tahu peluang usaha yang sedang dijalankan adalah peluang usaha yang benar-benar bagus. Jangan takut untuk memulai usaha.

3.     Memanfaatkan Peluang Usaha dibidang Kuliner
Bisnis kuliner merupakan salah satu pilar bisnis yang mengakar kuat dimasyakat, bisnis ini begitu banyak diminati karena memiliki prospek keuntungan yang bagus serta pangsa pasar yang begitu luas. Makanan masih merupakan kebutuhan pokok yang sangat sulit untuk digantikan, keberadaannya mampu meningkatkan berbagai macam sendi usaha serta cabang kegiatan.

Masyarakat Indonesia dikenal sebagai bangsa yang gemar jajanan atau masakan yang berbahan dasar Karbohidrat, dengan demikian dapat pula disimpulkan bahwa makanan yang berhubungan dengan makan pagi, siang serta malam masih merupakan target utama dari penikmat kuliner di Indonesia, inovasi serta bentuk kreatifitas sajian serta pelayanan dijadikan senjata dalam menjaring pelanggan untuk tetap setia mengkonsumsi hidangan yang dibuat.

Diantara bisnis kuliner yang banyak diminati masyarakat saat ini adalah Masakan tradisional Indonesia, keberadaan menu asli Indonesia masih menjadi primadona utama dari penikmat kuliner, hal ini disebabkan karena bumbu dasar yang dimiliki begitu familiar dengan lidah orang Indonesia. Bahkan beberapa jaringan usaha restaurant International yang masuk ke indonesia harus menyesuaikan beberapa menunya dengan bumbu dasar yang dirasa mampu diterima lidah orang Indonesia.

Soto Ayam  & Ayam Goreng adalah salah satu makanan sepanjang masa yang begitu dikenal di masyarakat Indonesia, menu ini begitu akrab di telinga maupun lidah orang Indonesia sehingga penggemar makanan ini pun tak kalah banyaknya, soto ayam & Ayam Goreng dapat dinikmati dari mulai sarapan pagi, makan siang serta makan malam ditemani makanan apapun soto ayam & Ayam Goreng  begitu mudah membaur serta tetap enak untuk dinikmati, Soto ayam & Ayam Goreng dapat pula ditemui dari mulai gerobak keliling, disudut pasar, restoran kecil, restoran besar, di Mall, Dihotel, kantin-kantin kantor dan lain sebagainya.

Dari sisi pembuatan serta penyajian Soto ayam & Ayam Goreng tidaklah memiliki kendala yang berarti, hal ini disebabkan bumbu dasar serta bahan bakunya sangat mudah didapat serta tersedia sepanjang tahun. Ini merupakan jaminan dari pengusaha atau pedagang yang memilih soto ayam & Ayam Goreng sebagai menu utamanya, secara sederhana dan jelas dapat disimpulkan bahwa memilih soto ayam & Ayam Goreng sebagai menu utama usaha memiliki tingkat stabilitas yang sangat baik.

Berbagai ramuan serta cara penyajian dibuat oleh banyak orang untuk menyajikan soto ayam & Ayam Goreng, akan tetapi karena ini berbicara tentang makanan maka pada akhirnya Rasa adalah hal yang paling utama, faktor inilah yang pada akhirnya mendorong konsumen untuk memilih soto ayam mana yang enak dan sesuai dengan lidah mereka walaupun terkadang tempat favorit konsumen itu tidak berada digedung yang mewah atau mall yang terkenal.


BAB III
PENUTUP

Ø Kesimpulan
Untuk itu janganlah kita mensia-siakan peluang usaha yang ada, sebaik mungkin kita harus dapat memanfaatkannya walaupun sifatnya sangat sederhana, seperti memanfaatkan peluang usaha dibidang kuliner terutama dalam masakan tradisional khas Indonesia seperti Soto Ayam. 




DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar