Sabtu, 20 April 2013


SOFTSKILL
KEWIRAUSAHAAN



NAMA      : MARLIN ARI ASTUTI
NPM         : 14611316
KELAS      : 2SA01

UNIVERSITAS GUNADARMA
JL. AKSES KELAPA DUA CIMANGGIS, DEPOK 16951




KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan YME atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Kewirausahaan” ini dengan lancar. Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah Softskill Rooshwan Budhi Utomo
Makalah ini ditulis dari hasil penyusunan data-data sekunder yang penulis peroleh dari buku panduan yang berkaitan dengan Kewirausahaan, serta infomasi dari media massa yang berhubungan dengan Kewirausahaan, tak lupa penyusun ucapkan terima kasih kepada pengajar mata kuliah Softskill dan kepada teman-teman mahasiswa yang telah mendukung dalam penyusunan makalah Kewirausahaan ini.
Penulis berharap, dengan membaca makalah ini dapat memberi manfaat bagi kita semua, dalam hal ini dapat menambah wawasan kita mengenai Kewirausahaan. Memang makalah ini masih jauh dari sempurna, maka penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi perbaikan menuju arah yang lebih baik.





Depok,  April 2013

 Penulis



BAB I
PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG
Banyaknya pengangguran saat ini tenjadi karena berbagai faktor baik pada diri seseorang maupun negara kita. Selain itu karena persyararatan untuk mendapatkan pekerjaan yang cukup untuk semua golongan baik lulusan SMA ataupun lulusan sarjana. Tidak hanya di daerah pedesaan, pada daerah perkotaan pun pengangguran kerap terjadi.
Untuk mengurangi pengangguran yang ada, telah banyak masyarakat yang mengadakan wirausaha. Karena dengan berwirausaha kita dapat memiliki kemampuan untuk melihat hal-hal yang sifatnya positif, selain itu dalam berwirausaha kita dapat mengatasi masalah-masalah yang sosial yang signifikan.
Untuk itu dalam makalah ini saya akan membahas mengenai apa itu kewirausahaan, hakikat, ciri-ciri serta peran fungsi kewirausahaan.


B.   TOPIK PEMBAHASAN
1.      Pengertian Kewirausahaan
2.      Hakikat Kewirausahaan
3.      Ciri-ciri dan Sifat Kewirausahaan
4.      Fungsi dan Peran Kewirausahaan

C.   MAKSUD DAN TUJUAN
Untuk mengetahui hal-hal mengenai Kewirausahaan dan untuk memenuhi tugas mata kuliah softskill Kewirausahaan



BAB II
ISI
1.     Pengertian Kewirausahaan
Kewirausahaan (Entrepreneurship) atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.
Kewirausahaan memiliki arti yang berbeda-beda antar para ahli atau sumber acuan karena berbeda-beda titik berat dan penekanannya. Richard Cantillon (1775), misalnya, mendefinisikan kewirausahaan sebagai bekerja sendiri (self-employment). Seorang wirausahawan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang menghadapi risiko atau ketidakpastian. Berbeda dengan para ahli lainnya, menurut Penrose (1963) kegiatan kewirausahaan mencakup indentfikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi sedangkan menurut Harvey Leibenstein (1968, 1979) kewirausahaan mencakup kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya dan menurut Peter Drucker, kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan disebut wirausahawan. Muncul pertanyaan mengapa seorang wirausahawan (entrepreneur) mempunyai cara berpikir yang berbeda dari manusia pada umumnya. Mereka mempunyai motivasi, panggilan jiwa, persepsi dan emosi yang sangat terkait dengan nilai nilai, sikap dan perilaku sebagai manusia unggul.

2.     Hakikat Kewirausahaan
Dari beberapa konsep yang ada ada 6 hakekat penting kewirausahaan sebagai berikut ( Suryana,2003 : 13), yaitu :
a)      Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis (Acmad Sanusi, 1994).
b)      Kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different) (Drucker, 1959).
c)      Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan (Zimmerer. 1996).
d)     Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha (start-up phase) dan perkembangan usaha (venture growth) (Soeharto Prawiro, 1997).
e)      Kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (creative), dan sesuatu yang berbeda (inovative) yang bermanfaat memberi nilai lebih.
f)       Kewirausahaan adalah usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber melaui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan. Nilai tambah tersebut dapat diciptakan dengan cara mengembangkan teknologi baru, menemukan pengetahuan baru, menemukan cara baru untuk menghasilkan barang dan jasa yang baru yang lebih efisien, memperbaiki produk dan jasa yang sudah ada, dan menemukan cara baru untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.

3.     Ciri-ciri dan Sifat Kewirausahaan
Untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka setiap orang memerlukan ciri-ciri dan juga memiliki sifat-sifat dalam kewirausahaan. Ciri-ciri seorang wirausaha adalah:
a.       Percaya diri
b.      Berorientasikan tugas dan hasil
c.       Pengambil risiko
d.      KepemimpinanKeorisinilan
e.       Berorientasi ke masa depan
f.       Jujur dan tekun

Sifat-sifat seorang wirausaha adalah:
a.       Memiliki sifat keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme.
b.    Selalu berusaha untuk berprestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik ddan memiliki inisiatif.
c.       Memiliki kemampuan mengambil risiko dan suka pada tantangan.
d.      Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun.
e.       Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.
f.       Memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa depan.
g.      Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras

4.     Fungsi dan Peran Kewirausahaan
a.     MIKRO : PLANNER dan INOVATOR
Ø PLANNER > merancang tindakan & usaha baru, strategi baru, merencanakan ide, menciptakan organisasi yang baru
Ø INOVATOR > produk, ide, cara, teknologi
b.     MAKRO : Menciptakan kemakmuran, pemerataan kekayaan dan kesempatan kerja.




BAB III
PENUTUP

Ø Kesimpulan
Maka dari ini kita dapat menyimpulkan bahwa kewirausahaan bukanlah hal yang dapat di sepelekan begitu saja karena dari berwirausaha kita dapat banyak manfaat dan keuntungannya.




DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar